Rabu, 15 Mei 2013

Cara-Cara Agar Suara Kita Menjadi Merdu

Tips Melatih Suara Tinggi


Suara orang itu range nya berbeda-beda, range vokal standar penyanyi itu 3 oktaf.. dari oktaf rendah sampai oktaf tertinggi berdasarkan scale masing2 (do-re-mi-fa-sol-la-si-do sampai 3 oktaf). namun ada juga orang yg memiliki range vokal di atas 3 oktaf.. bisa sampai 4, 5, bahkan 6 oktaf. waww

Tapi jangan kawatir karena suara tinggi itu bisa dilatih kok.
kali ini saya akan berbagi sedikit tentang latihan vocal, walaupun saya tidak terlalu pandai dalam hal tarik suara
.
  1. lakukan pemanasan. lemaskan pita suara dengan menyanyikan bunyi "ah", "mah", "doh", atau "mi', "mei", "mah", "mow", "mu" dalam oktaf rendah maupun oktaf tinggi scale vokal kamu.
  2. lakukan latihan sesering mungkin, lbh bagus kalo bisa tiap hari.. karena pita suara dapat kembali melempem/melemas jika tidak sering dilatih. tips.. lakukan latihan dengan piano atau keyboard agar nadanya lbh presisi.
  3. nyanyikan satu lagu yg kira2 mampu mencapai oktaf tertinggi kamu. ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. sebaiknya dilakukan dengan santai, dan ambil napas secukupnya, dan bayangkan/konsentrasi kalo nada tinggi itu mudah kamu capai. setelah mampu menyanyikan nada tinggi tersebut dengan baik, maka latihlah suara kamu dengan lagu lain yg nada tingginya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.
  4. nyanyikan satu lagu yang mampu mencapai oktaf terendah kamu. ikuti cara latihan yg tertulis di nomor 3). jika menemukan kesulitan, coba nyanyikan "mah" atau "ah". setelah mampu menyanyikan nada rendah tersebut dengan baik, maka latihlah suara kamu dengan lagu lain yg nada rendahnya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.

Selama latihan lakukan hal ini:
  1. hindari mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung susu, krn zat ini akan melapisi pita suara kamu dan menyebabkan pita suara menjadi tegang. minum lah teh hangat untuk melemaskannya.
  2. banyak minum air putih
  3. jangan pernah memaksakan kemampuan oktaf! ulangi pelan2, dengan napas yg cukup
  4. setelah kamu berhasil mencapai suatu oktaf yg diinginkan dengan sempurna, maka otomatis oktaf tersebut akan mudah anda capai di kesempatan berikutnya
  5. nikmati latihan ini. jika kamu berlatih dengan "enjoy", maka suara yg kamu hasilkan akan terdengar lebih jelas dan santai.

Tips Sederhana Untuk Membuat Suara agar menjadi Bagus Indah Merdu

Tips Kesehatan
Memiliki suara yang merdu memang idaman semua orang, apalagi bagi anda yang punya cita-cita ingin menjadi penyanyi. Lagu bagaimana Cara
Untuk Membuat Suara Jadi Merdu?? Berikut Tips Kesehatan sajikan beberapa tips yang diperoleh dari berbagai sumber:

Ramuan Pertama
Bahan-Bahan :

- Buah Lobak/ Ubi (3 buah)

- Gula Jawa (Secukupnya) (tidak wajib)
Cara Pembuatan :

- Cucilah Ubi/ lobak hingga bersih menggunakan air matang.

- Setelah bersih, parutlah, kemudian peraslah untuk diambil air perasaannya.

- Tambahkan Gula jawa pada air perasan tersebut (tidak wajib).

- Embunkan ramuan tadi di udara terbuka selama 1 malam.
Aturan Pakai :

Minumlah ramuan yang telah di embunkan tadi secara teratur, 2 hari sekali, pada pagi hari tanpa menelan endapannya.

Ramuan Kedua
Bahan-Bahan :

- Jeruk Nipis (2 buah)

- Kapur Sirih (seujung kuku)

- Garam (secukupnya)

- Madu Asli (1 sendok)
Cara Pembuatan :

- Potong Jeruk Nipis masing-masing menjadi dua bagian

- Peras dan ambil airnya

- Campur kapur sirih, sedikit garam dan satu sendok makan Madu Asli
Aturan Pakai :

Minum Ramuan ini sampai habis. Lakukan setiap 1 minggu sekali, maka dalam waktu sebulan suara anda akan menjadi merdu.

Untuk menjaga suara dan terpelihara dengan baik, minum ramuan ini diatas dua kali dalam sebulan maka suaranya tambah merdu dan awet.

Ramuan Ketiga:
Bahan-Bahan :

- Cabe merah (2 buah)

- Madu Asli (2 sendok)

- Jahe (2 jempol)

- Kelapa Tua (Seperempat)
Cara Pembuatan :

- Parutlah kelapa, jahe, dan cabe sampai halus

- Tambahkan air sebanyak 10 sendok teh.

- Aduk menjadi satu, lalu diperas untuk diambil airnya

- Tambah sedikit madu
Aturan Pakai :

Minumlah ramuan ini. Lakukan hal serupa bilamana Anda perlu lagi.
Semoga Tips-Tips Untuk Membuat Suara Jadi Indah diatas bisa menambah wawasan para pembaca semua. Selamat mencoba!

Bagaimana suara kita agar bagus?

A. kita harus menjaga pita suara dengan baik misalnya jangan terlalu sering berteriak keras-keras n jangan minum yg dingin-dingin ya karna itu membuat suara kita serak n batuk!
B. Tips berikut ini bole dicoba:

1.hapalkan sebuah lagu yg liriknya panjang.

2.caranya tarik napas dalam2x lalu nyanyikan lagu itu dengan nada tinggi

3.Jangan berhenti untuk menarik napas teruskan saja menyanyi sampai terasa mau muntah.

4.Bila terasa mau muntah keluarkan reak yang ada di kerongkonganmu.

5.lakukan berulang ulang sampai reaknya berwarna putih.

NB: reak yang pertama kali keluar biasanya berwarna kuning atau merah.

bila semua reak yang berwarna kuning dan merah udah keluar suara kamu nanti jadi bagus.

selamat mencoba

saya dah pernah nyoba dan berhasil.

jangan lupa untuk berlatih trus menerus.

Salam.

Ayo kawan

Semangat yah .....!!!
C. Menurut saya agar suara kita bagus adalah dengan mengikuti resep saya yaitu minum jeruk nipis di campur kecap terserah dari anda kapan diminum,yang penting habis diminum lihatlah efeknya esok harinya,kemudian perbanyaklah mengaji,itu bisa melatih suara anda,bisa juga dengan menyanyi lagu-lagu yang sulit agar kamu bisa belajar berusaha dalam mendapatkan sesuatu,tetapi itu juga diperlukan usaha yang keras dan juga do'a.
D. Yang pertama adalah mengatur pernafasan dengan beberapa latihan. Caranya adalah menarik dan mengeluarkan nafas dari diafragma. Lalu tarik nafas melalui hidung dan tahan hingga 10 detik. Atau tarik nafas melalui hidung lalu keluarkan dengan mulut sambil bersuara atau berkata-kata atau berteriak. Lakukan latihan ini secara teratur, minimal seminggu sekali agar suara ente menjadi lebih jernih dan nafas lebih panjang.
Perhatikan pengucapan kata-kata dan artikulasi ucapan ente. Berlatihlah mengucapkan kata-kata dengan jelas. Karena pengucapan yang jelas akan menghindari kesalahpahaman.
Suara dengan nada yang terlalu datar dan monoton akan sangat menjemukan bagi pendengarnya. Agar suara ente tidak menjemukan maka gunakan variasi suara seperti perubahan volume, nada, kecepatan berbicara dan jeda suara.
Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Setiap kali bangun tidur, usahakan agar ente meneguk air putih terlebih dahulu sebanyak satu gelas. Karena air putih mampu menyehatkan tubuh dan suara lebih jernih.
Akan lebih baik ente menghindari makanan yang mengandung minyak atau lemak karena akan membuat kualitas suara menjadi buruk dan serak. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan segar yang banyak mengandung air. Dengan begitu kebutuhan gizi tubuh akan terpenuhi dan kualitas suara pun akan lebih baik.
Jadi memiliki kualitas yang sempurna akan mempengaruhi imajinasi pendengar terhadap diri ente loh. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

Tips Sederhana Untuk Membuat Suara agar menjadi Bagus Indah Merdu


Cara Supaya Suara Menjadi Lebih Merdu

Kamu bukan penyanyi karena suara kamu tidak merdu atau jelek, sebenarnya ada cara supaya suara kamu menjadi lebih merdu yah walupun tidak semerdu para penyanyi yang ada, tapi lumayan kan kalau kita nyanyi didepan teman atau sapa saja tidak terlau jelek kedengarannya.
Bahan yang harus dikumpulkan mudah bagt cuman 4 macan, pkonya simpel deh untuk punya suara yang merdu. Ikuti instruksi dibawah ini :
Yang perlu disiapkan yaitu hanya 2 buah jeruk nipis, kapur sirih, madu dan garam (bahan2nya mudah kan?). Baik kita langsung saja praktekan resep ini, pertama setiap jeruk nipis dibelah menjadi 4 bagian supaya mudah memerasnya dna kemudian diambil sarinya, setelah itu beri kapur sirih sedikiti yang terkahir campurkan 1 sendok madu asli (jgn yang abal2 yah...) serta garam secukupnya.
Ramuan ini diminum seminggu sekali, Anda akan tahu perubahannya kurang lebih satu bulan, suara Anda akan terdengar lebih merdu dibangdingkan sebelumnya.
Yang suaranya sudah merdu dari sananya sekali-kali tidak apa2 untuk meminum ramuan ini agar suaranya lebih indah dan merdu.
Selamat mecoba...


Bagaimana cara menyanyikan nada tingi?
Setiap orang memiliki range vokal yang unik. Ada yang suaranya lebih tinggi misalnya jenis suara soprano, ada yang lebih rendah, jenis suara baritone dan bass misalnya.
Lalu, setiap jenis suara tsb memiliki yang dinamakan register, yaitu chest voice (medium-rendah), mix voice (medium tinggi), dan head voice (tinggi). Ada juga yang dinamakan falsetto yaitu head voice dengan kualitas suara yang lebih tipis dan mendesah.
Video perbedaan head voice dengan falsetto http://youtu.be/_gWmFvKqhUQ
Nah, untuk menyanyikan nada tinggi dengan teknik yang baik, kita perlu menyadari hal-hal di atas agar kita tidak memaksakan suara kita naik terlalu tinggi dengan “mencekik”.
Menyanyikan nada tinggi dengan teknik yang baik biasanya disebut menggunakan mix voice, yaitu teknik menyanyi di area antara register chest voice dan head voice. Dengan begitu, kita kita memaksa chest voice kita naik ke area yang terlalu tinggi karena itulah saatnya terjadi “mencekik” dan akhirnya suara yang dihasilkan kurang baik dan yang lebih buruk, pita suara lama-lama bisa rusak.
Berikut ini video contoh latihan nada tinggi yang dimulai dari chest voice naik ke mix lalu ke head voice. http://youtu.be/0C5qQURkQwk
Bagaimana mulai melatihnya? Pertama, menyadari hal di atas penting agar menghindari “mencekik”, lalu anda bisa menyanyikan tangga nada mayor (doremifasolasido) dengan silabel “Aa” lalu saat mulai meninggi, biarkan suara anda menipis dan sensasinya pindah dari depan wajah ke belakang. Latih hingga anda bisa pindah dari chest voice ke head voice dengan mulus, tanpa pecah ke falsetto.
kembali ke atas
Bisakah memperluas range vokal? Bagaimana caranya?
Ya bisa, tetapi seperti dijelaskan sebelumnya range vokal setiap orang unik. Jadi tidak bisa memaksakan diri misalnya seorang bass ingin menjadi tenor.
Banyak penyanyi yang sebetulnya belum memaksimalkan range vokal yang ia miliki. Karena teknik vokalnya belum memadai.
Cara memperluas range kita adalah dengan melakukan pemanasan vokal sebelum menyanyi dan berlatih teknik vokal dengan rutin.
Lebih lanjut silahkan baca tulisan Indra Aziz mengenai bisakah memperluas range vokal.

Apa saja makanan / minuman yang harus dihindari vokalis?
Secara umum, makanan atau minuman apapun yang kita konsumsi tidak akan melewati dan mengena pita suara kita, karena salurannya berbeda. Pita suara di saluran pernafasan. Jadi kalau ada makanan atau minuman yang masuk, refleks tubuh kita pasti batuk/tersedak. Jadi pengaruh yang ada dari makanan dan minuman tidaklah secara langsung.
Namun, beberapa makanan minuman berikut ini sebaiknya anda hindari sebelum nyanyi:
Susu dan dairy products lainnya seperti yogurt dan keju. Hal ini karena susu membuat produksi lendir berlebih sehingga akibatnya kita ingin berdaham terus.
Kopi dan alkohol. Karena kedua minuman tersebut membuat kita dehidrasi dan kita sebagai penyanyi harus menghindari dehidrasi.
Cemilan kacang atau kripik yang asin. Makanan yang demikian membuat mulut kita kering sehingga nyanyi menjadi kurang nyaman.
Rokok. Yang ini kami rasa tidak perlu penjelasan lebih lanjut.

Bagaimana jika suara serak atau habis?
Suara serak atau habis dikarenakan pita suara kita sedang iritasi dan membengkak, sehingga kedua lipatan pita suara tidak bisa menutup sempurna, terasa sakit, dan tidak bisa menghasilkan suara yang jernih.
Penyebabnya antara lain adalah vocal misuse dan vocal overuse. Vocal misuse antara lain adalah berteriak-teriak, dan menyanyi lagu dengan teknik yang buruk dalam jangka waktu yang lama. Vocal overuse adalah menyanyi atau berbicara terus menerus dan kurang istirahat.
Hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk menanggulangi hal ini adalah dengan istirahat vokal. Artinya tidak nyanyi bahkan tidak berbicara dalam jangka waktu tertentu sampai pulih. Lalu istirahat secara umum agar tubuh kita fit. Selain itu sering minum air putih (tidak dingin) agar tubuh kita tidak kurang cairan dan pita suara kita terjaga kelembapannya.
Ada beberapa resep rumahan yang banyak orang lakukan, seperti minum madu dan sebagainya. Tetapi seperti sudah dijelaskan sebelumnya, madu yang kita minum tidak langsung mengena pita suara, tetapi efek yang menyehatkan tubuh membantu pulihnya pita suara kita.

Bagaimana menyanyi saat flu?
Adakalanya kita harus menyanyi dalam keadaan sedang flu. Ingat bahwa menyanyi adalah sebagian besar mental. Jadi selain melakukan hal yang melegakan seperti minum the herbal hangat, kita juga harus berusaha untuk tetap memberikan yang terbaik dari diri kita dan mengesampingkan flu kita.
Jika hidung anda bocor dan terus mengalir hingga mengganggu, ada obat tetes hidung yang bisa membantu (misalnya Otrivin), tetapi obat tsb membuat kering hidung dan tidak dianjurkan untuk menggunakannya secara sering, melainkan hanya dalam keadaan terdesak saja.
Jika anda masih punya waktu beberapa hari sebelum show, istirahat, banyak minum air putih, minum vitamin. Dan saat hari h, mandi air hangat dan lakukan olahraga ringan agar aliran darah lancar. Sisanya, seperti sudah disebutkan di atas, mental.

Bagaimana cara melakukan teknik vibra vokal?
Vibrato adalah teknik yang harus dimiliki setiap penyanyi khususnya yang terlatih. Walau penggunaannya tidak harus selalu dilakukan, tetapi disesuaikan dengan jenis musik dan selera masing-masing penyanyi. Vibrato juga menandakan seorang penyanyi memiliki penguasaan yang baik terhadap vokalnya.
Pada dasarnya vibrato diproduksi dari pernafasan atau diafragma. Tetapi juga oleh pergerakan laring sedikit naik turun. Untuk mendemonstrasikannya, lihat video berikut ini http://youtu.be/OiXPkAqNHuk

Bagaimana melatih teknik falsetto dan head voice?
Untuk mengetahui perbedaan antara falsetto dengan head voice, lihat video berikut ini http://youtu.be/_gWmFvKqhUQ
Untuk menyanyi di register falsetto dan head voice, kita harus membayangkan pusat getaran suara kita adanya di kepala, seakan berpusat di titik antara kedua mata kita. Dan jangan menaruh beban di tenggorokan kita.
Penyanyi yang intensif menggunakan falsetto adalah prince dan maxwell. Falsetto yang mereka hasilkan terdengar kuat, karena mereka memperlakukan suara falsetto seperti menyanyi dengan chest voice, yaitu pernafasannya tetap disupport dengan baik.
Latih falsetto dan head voice anda dengan menyanyikan arpeggio major (do mi sol do) dari area tinggi chest voice anda naik ke head voice, lalu turun lagi. Dengan latihan ini kita melatih “menyatukan” kedua register tersebut agar tidak terlalu “jomplang” bunyinya.

Bagaimana pernafasan yang baik untuk nyanyi?
Ada dua jenis pernafasan yang umum, yaitu pernafasan dada dan pernafasan perut (biasa disebut juga pernafasan diafragma). Pernafasan dada adalah pernafasan yang dangkal, karena pernafasan ini mengisi bagian atas paru-paru bukan dari dasar. Sedangkan pernafasan perut adalah pernafasan yang dalam dan lebih natural.
Pernafasan dada mirip seperti saat kita menarik nafas untuk mengeluh atau menghela nafas. Pundak dan dada kita ikut naik saat mengambik nafas.
Pernafasan perut adalah seperti saat kita menghirup aroma masakan enak, nafasnya dalam, pundak dan dada tidak naik, area perut mengembang alami. Apakah anda sudah bisa membedakan keduanya?
Dengan pernafasan perut, nafas kita lebih terkontrol dengan baik. Inti dari teknik pernafasan yang baik untuk menyanyi adalah kontrol.
Salah satu latihan pernafasan nafas yang bisa anda lakukan adalah: dengan posisi berbaring dan rileks, kita ambil nafas yang dalam dan rasakan perut mengembang ke atas, lalu bunyikan desis seperti ban kempes “sss” dan jaga agar desisan konsisten. Lakukan 3-5 kali setiap latihan.

Bagaimana cara mengatasi nervous atau gugup sebelum nyanyi?
Rasa gugup bagi setiap penampil khususnya penyanyi adalah wajar. Penyanyi hebat seperti Andrea Bocelli saja mengaku masih merasa gugup sebelum tampil di panggung.
Anda bisa mengatasi rasa gugup dengan mempersiapkan materi pertunjukkan dengan matang, misalnya hafal lirik, latihan yang cukup. Pada saat bersiap naik panggung atur pernafasan anda, tidak dianjurkan mengatasi gugup dengan alkohol. Dan yang terakhir, perbanyak jam terbang anda di panggung.

124 komentar:

  1. kan disuruh nada tinggi,contoh lagu nya kayak apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. grenade bisa , beyonce love on top juga nada tinggi

      Hapus
    2. lagu agnes monica juga tinggi2 tuh nadanya

      Hapus
    3. mau latihan bareng vocal , bisa manfaatin ini non cantik software karaoke untuk latihan vocal

      Hapus
    4. kak disekolah aku ikut extra band bagian vokal
      nah lalu aku disuruh hafalin lagu Ungu-Bila Tiba, terus bagaimana tuh? suaraku gk cocok sesuai lagu itu kak

      Hapus
    5. ya harus sesuai dengan karakter kamu
      umum nya penyanyi yg ternama memiliki karakter sendiri

      Hapus
    6. ya harus sesuai dengan karakter kamu
      umum nya penyanyi yg ternama memiliki karakter sendiri

      Hapus
    7. kak gimana cara agar bisa nyanyi merdu sedangkan suara saya berat,,buat oktaf aja gk bisa,,,,,

      Hapus
  2. contoh nya lagu Linkin Park - Numb/In The End/Crawling..

    BalasHapus
  3. suara aku ga bagus, tapi pengen banget bisa nyanyi ya walaupun ga bagus-bagus banget juga seengganya bisa nyanyi, kalo minum ramuan yg ada kapur sirihnya itu bisa ngebuat suara aku sedikit lebih bagus ga ya ? oh ya gpp nih kapur sirih dimakan ?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. mantap. terima kasih banyakinfonya.
    kunjungi balik ya
    db-tip.blogspot.com
    atau
    db-tip

    BalasHapus
  6. kalo lagu yang rendah contohnya apa ya?

    BalasHapus
  7. Saya hendak mencari guru untuk melatihkan vocal saya di jakarta tolong bagitau di mana pusatnya whatapps saya 0174938557. saya orang kacukan ayah cina mak indonesia sumatera barat

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  9. Makasih info nya bermanfaat bget.

    BalasHapus
  10. pas pertama suaraku sedikit merdu,,pas aku makan makanan yang panas suaraku jadi serak .kenapa ya?

    BalasHapus
  11. slma latihan mnyanyi dgn lirik d mksudkn,,pkai prnafasan perut,, dada,, apa diafragma?

    BalasHapus
  12. berarti gaboleh makan makanan yg berminyak dong bro?

    BalasHapus
  13. Thanks infonya..
    sanggat membantu :-D

    BalasHapus
  14. Kerenn gan.. Dlu jga ane latihan kya gtu dn allhmdllah skrg ane udh agak lumayan.. kalo cuma bawain lagu2 nya judika ..insya alloh bsa.. Ok gan kereeen

    BalasHapus
  15. terimakasih
    atas infonnya berguna bgt

    BalasHapus
  16. Makasih informasinya, sangat membantu :)
    http://goo.gl/ospcwa

    BalasHapus
  17. Thanks gan sudah di share, akan saya coba nanti :)
    http://goo.gl/DJqFy2

    BalasHapus
  18. kalo buat nada rendah biar ga ngorok gimana yak :D

    BalasHapus
  19. Minum air uang banyak juga perlu.. Mampir Blog Abdullah Sidiq

    BalasHapus
  20. thanks ,tapi ramuan ketiganaya bikin pedas leher !!!! (hehehe)

    BalasHapus
  21. Ramuan itu jga udah pernah aku coba yg ada Kapur Sirihnya...

    #good_lh

    BalasHapus
  22. Itu yang jeruk nipis+kecap, jeruk nipisnya berapa?kecapnya berapa tetes?:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jeruk nipis, madu, garam jg bisa vroh :v, jrk nipis 1/2sendok teh, madu 1sendok, garam ambil seujung kuku,,, note kecap sbnrnya tdk ada khasiat nya cuma untuk meringankan rasa asam dri si nipis aje um, klo mw lbij berkhasiat tambahin madu ama garam

      Hapus
  23. Ramai yg sudah Register Sebab FREE dan dapat income.
    Klik link ini http://weeklyfixpay.com/?ref=340080 kalau mau cuba2 buat duit dgn tanpa kos (FREE) tak salah mencuba tp kalau tak cuba..

    BalasHapus
  24. Ramai yg sudah Register Sebab FREE dan dapat income.
    Klik link ini http://weeklyfixpay.com/?ref=340080 kalau mau cuba2 buat duit dgn tanpa kos (FREE) tak salah mencuba tp kalau tak cuba..

    BalasHapus
  25. Ramai yg sudah Register Sebab FREE dan dapat income.
    Klik link ini http://weeklyfixpay.com/?ref=340080 kalau mau cuba2 buat duit dgn tanpa kos (FREE) tak salah mencuba tp kalau tak cuba..

    BalasHapus
  26. mudah2an berhasil...
    pengen bisa nada2 tinggii soalnya :)

    BalasHapus
  27. OMG.....Komentarnya banyak banget....Ah kapan kapan coba ah kebetulan bulan ini saya lagi masuk bab "Lagu Macanegara" jadi siap siap aje kelasan gw di kasih tugas nyanyi!

    BalasHapus
  28. sangat membantu!!!thx u so much!! wish me luck cuz Im gonna do like a singing test on Thursday

    BalasHapus
  29. nice info :)


    http://www.lembaga-sertifikasi-iso.blogspot.com

    BalasHapus
  30. Terimakasih untuk infonya, benar-benar bermanfaat. Saya ingin bertanya, ketika saya menyanyi saya bisa menyanyikan lagu dengan 2 tipe suara. Yg satu bernyanyi halus tetapi volume suara agak kecil. Yg kedua bernyanyi lantang tetapi kalau nada yg tidak cocok malah terdengar cempreng. Nah adakah saran yg bisa saya lakukan agar suara saya terpadu dengan baik? Terimakasih

    BalasHapus
  31. Thanks gan bermanfaat,hub:0895335293055 untuk pemberitauan lg agar suara saya bisa merdu hhhh

    BalasHapus
  32. Mas senang cuma di dunia aja ,lihat aja di akhirat nanti mas

    Segeralah bertobat...
    Karna perbuatan syirik itu sangat di benci ALLAH SWT

    BalasHapus
  33. Wah , bagus x infonya gan suara bisa jadi merdu , bisa nih belajar dari gan.. :D

    judi online

    BalasHapus
  34. mantafff infona



    https://info-toyotapurwokerto.blogspot.com

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Percuma di dunia senang jikalau menyusahkan di akhirat, OOT!

    BalasHapus
  37. HAllo mas bisa minta no hpnya eyang gak soalnya saya juga terlibat hutang 300 juta, minta tolong dikirim secepatnya

    BalasHapus
  38. mas mau nanya ada gak cara mengetahui suara kita bagus atau tidak soalnya teman saya ada yang bilang suara saya bagus dan ada juga yang bilang jelak

    BalasHapus
  39. Mau tanya dong..biar saat kita nyanyi lagu sholawat bisa merdu kayak gimana.. Soal nya buat lomba..

    BalasHapus
  40. SAYA MAU TANYA BAGAI MNA BIAR SAAT..QIRO'AT SUARA KITA BISA MERDU BAGAI MANA....???

    BalasHapus
  41. SAYA MAU TANYA BAGAI MNA BIAR SAAT..QIRO'AT SUARA KITA BISA MERDU BAGAI MANA....???

    BalasHapus
  42. nyari duit kaya gitu banget mas kasian deh ,, simple ajh kEles.... saya gk purlu gitu gituan 500 juta perminggu saya dapet santei ajh berwira usaha ajh jgn bekerja . buat karya untuk hidup kita, jgn buat dosa. kaya yang gk akan mati ajh mas.

    BalasHapus
  43. Lagu punya Britney Spears yg cocok dinyanyikan pemula apa aja ya?

    BalasHapus
  44. Lagu punya Britney Spears yg cocok dinyanyikan pemula apa aja ya?

    BalasHapus
  45. Lagu punya Britney Spears yg cocok dinyanyikan pemula apa aja ya?

    BalasHapus
  46. terimakasih infornya jazakallah khoeron kathiiir

    BalasHapus
  47. Izin mencoba teknik berlatih vokalnya min.. Pengen punya suara merdu biar bisa menghibur orang lain. Terimakasih

    BalasHapus
  48. Terima Kasih ya ,ini bermanfaat :-)

    BalasHapus
  49. Pernafasan vokal ada 3 ,dada ,bahu dan diafragma . Dan tekhnik vibra itu tidak dilatih dengan nafas ataupun laring,vibra ada krn tekhnik nafas dan resonansi yang benar ,vibra ada dg sendirinya ,bukan d buat buat.untuk vokalise atau yang sering di sebut pemanasan tdk boleh asal membunyikan nada2 tinggi krn akan merusak pita,harus d lakukan dengan membuka rongga2 resonansi, dengan pernafasan diafargma yg kuat.

    BalasHapus
  50. Assalam mualaikum gan makasih ya info ya
    #wassalamualaikum

    BalasHapus
  51. aduh bagaus bangaet tipsnyah makasih

    BalasHapus
  52. makasih gan artikel sangat bagus dan membantu kunjungi juga obat bius

    BalasHapus
  53. Kalau tidak menggunakan daun sirih tak pa tak?

    BalasHapus
  54. semoga artikel yang anda post menjadi prioritas pembaca


    obat bius

    BalasHapus
  55. Saya kadang suka ke pedean.punya suara bagus.kalo nyanyi juga bagus.tapi sayaaangg itu kalo nyanyi dgn suara pelan.kalo sudah dgn suara yg agak tinggi maksudny gimana yaa??saya awam soal latihan vokal.jadi ga ngerti deh.tapi intinya..saya kongin suara saya kalo untuk karaoke itu sebagus kalo lagi nyanyi pelan kaya lagi masak..atau nyambi nginem..,kan .kalo dah pakai musik psti siara langsung kaku trus cepet serak gitu.

    BalasHapus
  56. Saya kadang suka ke pedean.punya suara bagus.kalo nyanyi juga bagus.tapi sayaaangg itu kalo nyanyi dgn suara pelan.kalo sudah dgn suara yg agak tinggi maksudny gimana yaa??saya awam soal latihan vokal.jadi ga ngerti deh.tapi intinya..saya kongin suara saya kalo untuk karaoke itu sebagus kalo lagi nyanyi pelan kaya lagi masak..atau nyambi nginem..,kan .kalo dah pakai musik psti siara langsung kaku trus cepet serak gitu.

    BalasHapus
  57. Thankyouuu infonya. Udah aku cobak tp masih belum kelihatan😂

    BalasHapus
  58. wahhhh kumplit ya gan
    kunjungi www.pandawamp3.com
    untuk download lagu lagu hits di planet namek gan

    BalasHapus
  59. terima kasih untuk tips ini. Tapi boleh tolong maklum apakan nama buah lobak/ubi dalam bahasa Melayu (Malaysia) atau dalam bahasa inggeris? Saya juga Ingin kepastian jeruk nipis = limau nipis (lime). Betulkah? Terima kasih.

    BalasHapus
  60. Mau tanya dong, posisi yang bagus buat berlatih nyanyi itu berdiri apa duduk? Bagaimana cara menentukan suara kita sudah merdu atau tidak (tolak ukurnya)? Mulut saat bernyanyi haruskah terbuka lebar supaya menghasilkan suara yang merdu?

    BalasHapus
  61. kak.aku kan diikutin lomba nyanyi tingkat sekolah,,tapi suaraku berat..
    gimana nih kak??

    BalasHapus
  62. pas nyanyi suaraku terasa bagus,tapi pas direkam suaraku serak banget kok bisa?

    BalasHapus
  63. Studio recording sragen
    081 287 081 355
    mekar asri
    mixing
    editing
    vidio clip
    subscirebe youtube
    agus kuncung officia

    BalasHapus
  64. Allhamdulillah setelah saya baca trek2nya sedikit ada perubahan di pernpasan, karna kalau lagi nyanyi di smule saya suka lagu nadanya tinggi, cuma cara teknis vocal sama musik belum terlalu bisa, harus ada tambahan lagi caranya ya ����

    BalasHapus
  65. Allhamdulillah setelah saya baca trek2nya sedikit ada perubahan di pernpasan, karna kalau lagi nyanyi di smule saya suka lagu nadanya tinggi, cuma cara teknis vocal sama musik belum terlalu bisa, harus ada tambahan lagi caranya ya ����

    BalasHapus
  66. Hy gan yg punya website ini. Sebelumnya makasi infonya.

    Hy sinta Kamu dari mana?

    BalasHapus
  67. Dapat duit nya bersekutu dg jin itu. Smg kita td demikian, wlpn hasil sdkt tp dpt ridho allah..nikmat selamat dunia akhirat. Amin ya allah

    BalasHapus
  68. Kunjungi web: indodominic.blogspot.com

    Ingin mengetahui info lebih lanjut :)

    BalasHapus
  69. https://indodominic.blogspot.com

    BalasHapus
  70. Gimana ya kalo mau cengkok nya banyak

    BalasHapus
  71. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  72. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  73. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  74. Salam ..... Harap Anda semua harus membaca apa yang saya katakan ....
    Biarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.

    Keinginan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan jeritan panjang tidak akan terwujud
    Saya mencoba "membuka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang ulama dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda ingintoget cara mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL. melalui bantuan dalam menarik lebih banyak dana oleh ulama di kepala sekolah asrama shohibul Qur'an, dan akhirnya saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar utang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
    Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Irlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
    Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Silakan untuk penjelasan lebih rinci. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662
    Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.

    Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini Mrs. irlinatutysartika15@gmail.com
    Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya membagikan pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  75. Salam ..... Harap Anda semua harus membaca apa yang saya katakan ....
    Biarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.

    Keinginan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan jeritan panjang tidak akan terwujud
    Saya mencoba "membuka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang ulama dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda ingintoget cara mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL. melalui bantuan dalam menarik lebih banyak dana oleh ulama di kepala sekolah asrama shohibul Qur'an, dan akhirnya saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar utang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
    Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Irlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
    Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Silakan untuk penjelasan lebih rinci. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662
    Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.

    Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini Mrs. irlinatutysartika15@gmail.com
    Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya membagikan pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  76. Halo semua
    Nama saya JOSEPHINE JUMAWAN CABALLO, saya tinggal di bataan orion, phillipine. Saya ingin berterima kasih kepada ibu yang baik KARINA ROLAND karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota dari Orion. tempat tinggal saya dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat frustrasi karena kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang pada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil Susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Mrs. KARINA ROLAND bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa berani dan saya menghubungi Mrs. KARINA ROLAND dan saya terkejut dengan pinjaman saya sedang diproses dan dilanjutkan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari Ibu KARINA ROLAND jadi Saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Email. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya selesaikan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Roland email saya : (josephinejum interviewaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai Mrs. KARINA ROLAND untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus